loader image

BEM Unsoed

Teman Tumbuh

(Sumber: Kementerian Pengabdian Masyarakat)

BEM Unsoed – Telah dilaksanakan rangkaian kegiatan Teman Tumbuh yang terdiri dari Kampanye Sosial pada tanggal 30 Mei, 1, 3 dan 5 Juni serta Gerakan Menanam Sosial pada tanggal 24-25 September 2022. Tujuan kegiatan ini adalah memperingati hari lingkungan hidup sedunia, meningkatkan kesadaran akan kelestarian alam, pemanasan global, dan pencemaran yang terjadi di bumi, serta melindungi sumber air masyarakat di Desa Papringan dan Desa Mandirancan.

(Sumber: Kementerian Pengabdian Masyarakat)

Kegiatan kampanye sosial diikuti oleh 85 peserta volunteer dengan 4 pamflet yang telah terpublikasi dengan pembahasan antara lain, bencana alam yang terjadi karena ulah manusia, pemanasan global, pencemaran udara dan air, serta solusi dari permasalahan tersebut.

(Sumber: Kementerian Pengabdian Masyarakat)

Gerakan Menanam Sosial Teman Tumbuh merupakan kegiatan penghijauan dan reboisasi dengan menanam 1500 bibit berupa 650 bibit pucung, 650 bibit aren, 100 bibit alba dan 100 bibit jabon. Pada hari pertama (24/9), Teman Tumbuh bekerja sama dengan kepanitiaan Nyala Desa bidang pariwisata berhasil menanam 1000 pohon yang terdiri dari 500 bibit pucung dan 500 bibit aren di Desa Papringan tepatnya di Curug Krucuk, Curug Pakisaji, dan aliran sungai Gajah Alas. Kegiatan ini melibatkan volunteer Teman Tumbuh, Forkompincam, Karang Taruna Desa Papringan, perangkat dan masyarakat Desa Papringan, Mapala Banyumas, dan beberapa Mapala SMA/K di Banyumas.

(Sumber: Kementerian Pengabdian Masyarakat)

Pada hari kedua (25/9), Teman Tumbuh berhasil menanam 500 bibit pohon yang terdiri dari 100 bibit jabon, 100 bibit alba, 150 bibit pucung, dan 150 bibit aren di Desa Mandirancan tepatnya di sekitar Pamsimas dan aliran Kali Kesumba. Kegiatan melibatkan beberapa pihak dintaranya yaitu: Mamira, HMBI, BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Laguna, Bio Eksplorer, Green corps, BEM Fakultas Hukum, BEM Fakultas Teknik, HMPS, Eploration, Himadiksi, BEM Fakuktas Perikanan dan Ilmu Kelautan, KMPA FISIP, Komahi, KMPA Titik Nol Fakultas Teknik.

Kegiatan Teman Tumbuh berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti dan seluruh pihak yang tergabung berpartisipasi dengan aktif.

Penulis: Kementerian Pengabdian Masyarakat

Editor: Amanah Sasi Yuliyana

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Generated by Feedzy